Sabtu, 15 Oktober 2011

Premi adalah Tabungan

Mengapa premi disebut juga tabungan ? saya telah sedikit menjelaskan tentang alokasi premi pada halaman sebelumnya. Dalam halaman tersebut saya telah menuliskan prosentase perbandingan antara jumlah yang masuk sebagai biaya akuisisi dan sebagian lagi masuk sebagai tabungan atau investasi.

Coba anda lihat kembali pada halaman premi prulink, tahun ke 1 sampai tahun ke 5 adalah tahun - tahun pembayaran biaya akuisisi, sebagian digunakan untuk membayar biaya akuisisi dan sisanya merupakan investasi atau tabungan kita. Pada tahun ke 6 sampai dengan tahun ke 10, porsinya adalah 100 % untuk investasi.

Selama masa pembayaran premi, porsi investasi akan dikonversi ke dalam unit  - unit investasi yang dinilai berdasarkan harga unit yang berlaku pada saat itu. Setiap bulan nasabah akan mendapatkan laporan tertulis yang menjelaskan berapa unit yang telah dimiliki, berapa harga unit yang berlaku pada saat itu, dan nilai tunai saldo awal dan akhir pada saat itu.

Nila tunai inilah yang saya maksud sebagai tabungan kita yang akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan kinerja dana investasi dan harga unit. Jadi dengan membayar premi secara berkala sama juga kita menabung.

Sebagai bukti, ini berdasarkan pengalaman saya yang juga sebagai nasabah. Dana investasi yang saya pilih adalah RUPIAH EQUITY FUND, premi saya 500 000 per bulan, saat saya masuk ( 1 ,5 tahun yang lalu ) harga unit saat itu adalah Rp. 7900 di bandingkan sekarang harga unit berkisar Rp. 11900, jadi dengan meningkatnya harga unit maka nilai tunai saya saat ini pasti jauh lebih besar. Perkembangan harga unit Prulink Assurance Account dapat dilihat pada harian KONTAN dan situs BISNIS INDONESIA. Harga unit harian akan mengalami naik turun namun yang namanya investasi trend tahunan dan statistik hasil investasi yang diperhitungkan, karena kita masuk asuransi bukan untuk manfaat satu tahun tapi  untuk selamanya.

Memang pembayaran premi dirancang untuk tahun ke 1 sampai dengan tahun ke 10 tetapi manfaat asuransi jiwa dapat kita nikmati hingga usia 99 tahun dan manfaat asuransi  kesehatan hingga usia 75 tahun. Coba kalau kita pikir, bila anak anda sekarang baru TK, anda masuk Prulink dengan premi 500 000 selama 10 tahun, pasti nilai tunainya cukup untuk kuliah anak di fakultas kedokteran pada saatnya nanti.

Manfaat lain adalah uang anda di bank tetap aman tanpa terpengaruh untuk biaya berobat atau risiko yang lain yang ditanggung oleh asuransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda. Nantikan artikel menarik berikutnya