Sabtu, 15 Oktober 2011

Memilih Dana Investasi

Pemilihan jenis dana investasi tidak terlepas dari penilaian atas kinerja dari perusahaan itu sendiri. Secara umum kinerja Prudential Indonesia mencatatkan prestasi yang sangat baik. Dalam menilai kinerja perusahaan asuransi banyak sekali indikator yang dapat dipakai, namun sebagai orang awam di bidang asuransi, ada satu indikator yang sudah dapat digunakan untuk menilai kinerja perusahaan secara umum dan ini setelah dilakukan audit, indikator tersebut dinamakan RISK BASED CAPITAL RATIO ( RBC ).

Pemerintah menetapkan syarat, bahwa perusahaan asuransi harus mempunyai RBC minimal sebesar 120 %. Artinya jika seluruh nasabah asuransi mengajukan klaim, perusahaan mempunyai aset untuk membayarnya, dan beraarti masih punya cadangan sebesar 20 %. Jadi di sini pemerintah ingin memastikan keamanan dana para nasabah pada masing - masing perushaan asuransi.

Pada Prudential Indonesia, angka RBC terus mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. per 31Desember 2010 rasio RBC mencapai 766 % , ini berarti Prudential sanggup membayar 7,6 kali lipat apabila seluruh nasabahnya mengajukan klaim.

MEMILIH DANA INVESTASI

Semua jenis dana investasi pada Prudential Indonesia pada umumnya menghasilkan keuntungan investasi di atas ilustrasi atau perkiraan. Ini ditunjukkan dengan pemahaman seperti contoh berikut inii : dalam ilustrasi manfaat jenis dana investasi RUPIAH EQUITY FUND, ditetapkan :

jika keuntungan investasi sebesar 5 % ke bawah dikategorikan dengan hasil investasi rendah.
jika keuntungan investasi di atas 5 % dan dibawah 15 % dikategorikan dengan hasil investasi sedang.
jika keuntungan investasi di atas  15 % dikategorikan dengan hasil investasi tinggi.

per 31 desember 2010 dana investasi RUPIAH EQUITY FUND mencapai keuntungan sebesar  42,93 %, ini berarti dana investasi tersebut mempunyai potensi yang bagus. ini adalah parameter pertama untuk menilai kinerja dana investasi.

Jadi parameter yang dapat digunakan sebagai penilai dalam memilih jenis dana investasi adalah :

  • prosentase statistik keuntungan investasi
  • perkembangan harga unit dari tahun ke tahun
  • prosentase tingkat keuntungan sejak dana investasi diluncurkan.
  • hasil nilai tunai pada periode tertentu jika dibandingkan dengan jenis dana investasi yang lain

Data statistik di atas dapat diperoleh ketika ilustrasi manfaat asuransi dibuat oleh seorang agen. Jadi dengan mendapatkan ilustrasi manfaat asuransi anda akan mendapatkan penjelasan mengenai potensi dari masing - masing jenis dana investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda. Nantikan artikel menarik berikutnya